widgeo.net

Selasa, 23 Oktober 2012

Suppositoria Dengan Bahan Dasar Lemak Coklat

Lemak coklat merupalkan trigliserida, berwarna kekuningan, bau yang khas. Jika dipanasi sekitar 30º mulai mencair dan biasanya meleleh sekitar 34º- 35º C, tetapi pada suhu dibawah 30º merupakan masa semi padat, mengandung banyak kristal dari trigleserida padat dan merupakan bagian nyata dari cairan. Dan yang cair diikat dengan tenaga tegangan muka. Sering dilupakan dalam melelehkan lemak coklat terdapat kondisi pemanasan, karena akan memperoleh hasil yang kurang menyenangkandengan adanya modifikasi sifat fisika yang karakteristik dari asam coklat. Jika pemanasannya tinggi, lemak coklat akan mencair sempurna seperti minyak dan kehilangan semua inti krital yang stabil yang berguna untuk memadat. Bila didinginkan dibawah 15ºakan mengkristal dalam bentuk kristal metastabil
Untuk meninggikan titik lebur lemak coklat digunakan tambahan cera atau cetaceum. Penambahan cera flava dapar menaikkan daya serap lemak coklat terhadap air.
Pada pengisiaan masa supositoria ke dalam cetakan, kemak coklat cepat membeku dan pada pendinginan terjadi susut volume hingga terjadi lubang di atas masa, maka pada pengisian cetakan harus diisi lebih, baru setelah dingin kelebihannya dipotong.


Penanganan secara khusus
  1. balsam digerus dulu dengan sebagian lemak coklat sampai menjadi pasta dan selanjutnya sisa zat sigerus dan dicampurkan.
  2. ekstrak kering, opium concentratumdan pantopon digerus dulu dalam mortir yang dialasi sulu dengan saccharus lactis agar tidak lengket pada mortir. Setelah itu campuran serbuk yang halus digerus dengan sedikit lemak coklat.
  3. ichtammolum dalam supositoria dikerjakan seperti pada balsamum sebagian lemak coklat diganti dengan cera flava 5% agar supositoria tidak menjadi lembek.

1 komentar:

  1. Selamat siang,

    Perkenalkan saya, Thomas (PD.COCOALAND INDO SEMESTA) dari Bandung.
    Perusahaan kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang supply/pengadaan COCOA PRODUCT, seperti COCOA BUTTER, COCOA POWDER, COCOA LIQUOR dll.
    Oleh sebab itu kami hendak menawarkan salah satu produk kami, yaitu COCOA BUTTER.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor telepon yang sudah tertera di bawah.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Hormat Saya,

    Thomas Abraham
    PD.COCOALAND INDO SEMESTA
    Jl.Gempol Asri II No.22, Komp.Gempol Asri Rt/Rw 02/10.
    Kel.Gempol Sari, Kec.Bandung Kulon
    BANDUNG 40215
    Telepon: 081223201725, (022)91166996
    e-mail: cocoaland.indosemesta@gmail.com

    BalasHapus